Bentuk Peninggalan Sejarah Pada Masa Penjajahan

April 14, 2018
Bentuk Peninggalan Sejarah Pada Masa Penjajahan


      a.       Aspek Ekonomi


Pada masa sebelum penjajahan sistem ekonomi di Indonesia masih kuno. Sebagai contohnya jual-beli masih dilakukan dengan sitem barter atau dengan saling menukar barang. Selain itu, uang menjadi daya tarik tersendiri karena selain untuk alat pembayaran, uang juga dapat digunkan untuk menggaji seseorang.
Indonesia yang dikenal dengan kekayaan alamnya menjadi mengerti bagaimana pemanfaatan sumber daya alam yang melimpah dengan adanya penjajahan. Selain itu penemuan berbagai tambang juga menjadi faktor pendorong perkembangan perekonomian di Indonesia.

Perkembangan ekonomi di Indonesia juga memunculkan pembangunan berbagai sarana transportasi dan komunikasi. Sarana transportasi dan komunikasi mempermudah dalam pendistribusian hasil produksi ke berbagai wilayah. Hal tersebut juga terkait dengan adanya kemunculan transmigrasi. Transmigrassi dilakukan karena untuk pemerataan penduduk dan pengiriman tenaga kerja ke wilayh-wilayah pelosok yang membutuhkan tenaga kerja.

      b.      Aspek Politik
Dengan danya sitem pemerintahan baru, maka dapat dikatakan juga terjadi perubahan sistem politik. Ketika masa kerajaan, kerajaan dipimpin oleh raja dan bupati. Ketika muncul penjajah, maka pemerintahan di Indonesia dipegang oleh negara penjajah.
Munculnya pemerintahan dari pihak penjajah memberi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Adanya penjajahan menyebabkan rakyat menjadi punya perasaan senasib sehingga rakyat dari berbagai daerah berusaha bersatu dan berjuang untuk memerdekakan Indonesia.

      c.       Aspek Pendidikan
                  Pada masa penjajahan terdapat dua pendidikan yang berkembang. Pertama adalah pendidikan yang dikembangkan oleh pemerintah kolonial, dan yang kedua adalah pendidikan yang dikembangkan oleh masyarakat.
                 Adanya pendidikan dari pemerintah kolonial membuat diskriminasi. Hal tersebut dilihat dari sekolah untuk bangsa Eropa dan sekolah untuk penduduk pribumi. Dampak dari diskriminasi adalah munculnya pendidikan modern di Indonesia yang dipelopori oleh Taman Siswa. Adanya pendidikan modern  memunculkan cendekiawan-cendikiawan yang kelak memimpin Indonesia.Selain itu juga munculnya berbagai jenis pekerjaan di Indonesia seperti guru, administratur, pegawai pemerintah, dan sebagainya.

      d.      Aspek Budaya
Selain menjajah, kolonialisme meninggalkan beberapa jenis kebudayaan. Kebudayaan peninggalan penjajah ada yang berakulturasi dengan kebudayaan lokal dan ada juga yang diserap mentah atau murni dari penjajah. Kebudayaan peninggalan yang paling terlihat jelas di Indonesia yaitu dari gaya bangunan, cara berpakaian, gaya hidup, dan bahasa.
Pada gaya bangunan dapat dilihat adanya pengaruh terhadap teknologi dan seni bangunan di Indonesia. Penggunaan teknologi modern dari penjajah dikenalkan ke berbagai daerah di Indonesia. Bahakan, pengaruh tersebut masih bisa dirasakan sampai sekarang dengan digunakannya bangunan peninggalan kolonial untuk kantor pemerintah saat ini.
Bangsa Indonesia yang semula mengenakan baju tradisional mulai mengenakan pakaian formal seperti bangsa kolonial. Pakaian-pakaian tradisional mulai ditinggalkan dan hanya dikenakan pada waktu tertentu dan tempat tertentu saja. Hal tersebut terjadi sampai sekarang.
Pada gaya hidup peninggalan bangsa kolonial dapat dilihat dari makanan dan minum-minuman yang dikenalkan bangsa kolonial serta tarian-tarian barat juga menjamur sampai sekarang. Gaya hidup nenek moyang berangsur ditinggalkan. 
Berbagai kosakata dan sistem ahasa Indonesia tidak terlepas dari pengaruh kolonialisme. Banyak kosakata kolonial yang diserap ke dalam bahasa Indonesia membuat bahasa Indonesia memunyai kosakata yang beragam.

      e.       Apek Geografi
Eksploitasi sumber daya alam dilakukan untuk kebutuhan ekonomi dan perang. Sehingga berbagai tanaman baru diperkenalkan ke rakyat agar rakyat dapat menanamnya untuk kebutuhan kolonial atau penjajah.
Lahan untuk pertanian menjadi semakin menjamur karena terjadinya eksploitasi sumber daya alam. Hal ini berkaitan dengan perekonomian dan kebutuhan perang. Kebutuhan yang semakin meningkat mau tidak mau memunculkan kebijakan untuk memperluas lahan pertanian untuk menunjang kepentingan ekonomi dan perang.

Bentuk Peninggalan
Makna bagi Kehidupan Sekarang
Cara Melestarikan Peninggalan
Aspek Ekonomi
         Kegiatan ekonomi rakyat menjadi lebih beragam
         Penjajahan membuat Indonesia lebih mengenal teknologi dalam pertanian
         Penemuan tambang menjadi sumbangsih kegiatan perekonomian Indonesia pada masa sekarang
         Alat pembayaran mulai dikenal dari massa penjajahan sampai sekarang
         Menggali lebih jauh sistem ekonomi yang diwariskan dari zaman penjajahan dan mengembangkannya sehingga berguna bagi negara Indonesia
Aspek Politik
         Adanya penjajahan membuat Indonesia memunyai semangat untuk bersatu melawan penjajah, sehingga terbentuklah Indonesia
         Mempertahankan keutuhan Indonesia sebagai negara Kesatuan agar tidak terpecah belah
Aspek Pendidikan
         Munculnya elite intelektual dan pekerjaan baru berkat pendidikan zaman penjajahan
         Belajar dengan rajin agar ilmu pengetahuan di Indonesia semakin maju dan berkembang
Aspek Budaya
         Menyumbang keanekaragaman budaya dari penjajah
         Adanya kulturasi budaya membuat budaya Indonesia menjadi semakin beragam
         Mempelajari kebudayaan nenek moyang dan peninggalan penjajah
         Mempraktikan bentuk kebudayaan yang bermanfaat dan positif dalam kehidupan sehari
Aspek Geografi
         Eksploitasi alam oleh penjajah memunculkan jenis-jenis tanaman baru dan pemanfaatannya
         Lahan untuk pertanian menjadi semakin menjamur
         Mempertahankan Indonesia sebagai negara agraris
         Mempelajari ilmu tentang pertanian

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »