Benda-Benda Peninggalan Masa Praaksara (Prasejarah) dan Masa Sejarah

March 27, 2018


Benda
Kategori
Alasan
Fosil manusia purba
Benda peninggalan masa praaksara atau  zaman praaksara
Manusia purba hidup ketika zaman prasejarah. Ketika manusia purba hidup, satu-satunya cara berkomunikasi yaitu menggunakan gambar berupa cap tangan atau hewan buruan.
Alat-alat tulang
Benda peninggalan masa praaksara atau zaman prasejarah
Alat-alat tulang  dipakai ketika zaman praaksara atau zaman prasejarah meskipun zaman sejarah masih dapat dijumpai. Hal tersebut dibuktikan dengan bentuknya yang masih sederhana. Alata-alat tersebut digunakan untuk kehidupan sehari-hari.
Prasasti
Benda peninggalan zaman sejarah
Prasasti tergolong peninggalan zaman sejarah atau ketika manusia sudah mengenal tulisan. Prasasti merupakan piagam yang dituli pada batu, tembaga, dan sebagainya.
Naskah Kuno
Benda peninggalan zaman sejarah
Naskah kuno jelas berasal dari zaman sejarah. Naskah kuno berupa tulisan yang memuat pengetahuan atau karya seni orang-orang pada zaman dahulu.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai tabel di atas:
1. Fosil Manusia Purba
Sebelum pembaca mengenal lebih lanjut mengenai manusia purba, penulis akan menjelaskan apa itu fosil manusia purba. Fosil adalah sisa tulang belulang binatang atau tumbuhan yang tertanam di bawah tanah dan telah mengeras atau membatu. Fosil manusia purba yang ditemukan berupa tulang belulang manusia zaman purba yang telah membatu.
Menurut Teori Evolusi manusia berasal dari kera, termasuk manusia purba. Secara umum manusia purba terbagi menjadi tiga kelompok yaitu Meganthropus (Manusia Besar), Pitecanthropus (Manusia Kera Berjalan Tegak) dan Homo (Manusia Cerdas).

2. Alat-Alat Tulang
Alat-alat tulang digunakan sebelum tulisan ditemukan bahkan sampai masa praaksara atau prasejarah berakhir. Meskipun begitu, alat-alat tulang digolongkan sebagai alat praaksara dengan alasan sudah digunakan ketika zaman praaksara. Sifat alat-alat yang tidak sekeras batu dan lebih keras daripada kayu menjadi primadona manusia prasejarah. Alat-alat tulang digunakan sebagai bahan membuat perkakas. Alat-alat tulang biasa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari oleh manusia purba.

3. Prasasti
Prasasti merupakan hasil kebudayaan setelah praaksara atau zaman sejarah. Prasasti merupakan piagam yang dituli pada batu, tembaga, dan sebagainya. Di Indonesia, penemuan prasasti Yupa yang menandai berakhirnya masa praaksara. Yupa ditemukan di Kutai, Kalimantan Timur. Yupa merupakan tulisan tertua di Indonesia yang menggunakan huruf Pallawa. Yupa menceritakan Kerajaan Kutai pada masa kejayaannya.

4. Naskah Kuno
Naskah kuno berisi informasi tentang pengetahuan maupun karya seni yang berwujud tulisan yang diturunkan oleh orang-orang zaman dahulu. Naskah kuno menjadi salah satu warisan untuk generasi mendatang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »