Pengertian Kebutuhan dan Macam-macam Penggolongan Kebutuhan Manusia

March 29, 2018

1. Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan adalah suatu keperluan terhadap barang atau jasa yang harus dipenuhi, jika tidak dipenuhi akan mengganggu keberlangsungan hidup manusia. Pemenuhan kebutuhan atas dasar kesadaran manusia itu sendiri tanpa tuntutan  orang lain atau pihak lain.

2. Macam-macam Penggolongan Kebutuhan Manusia


1) Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitasnya atau Tingkatannya
a) Kebutuhan Primer ( Kebutuhan Pokok )
Kebutuhan primer adalah pokok atau dasar yang mutlak harus dipenuhi demi kelangsungan kehidupan manusia. Kebutuhan ini berupa makanan, pakaian, dan tempat tinggal (pangan, sandang, dan papan).
Tidak terpenuhinya kebutuhan primer menyebabkan manusia sulit untuk melangsungkan kehidupan.
b) Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang bisa dipenuhi jika kebutuhan primer sudah terpenuhi.Kebutuhan sekunder merupakan perkembangan kebutuhan primer manusia. Contohnya Pendidikan, alat transportasi,dll.
Kebutuhan sekunder tidak telalu penting untuk dalam pemenuhannya, karena tanpa memenuhi kebutuhan sekunder, manusia tetap masih bisa hidup.
c) Kebutuhan Tersier
 Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi jika kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi..Contohnya Perhiasan,mobil mewah,dll.
Setiap orang memunyai batas kebutuhan primer, sekunder, dan tersier yang berbeda. Intensitas kebutuhan manusia tergantung kemampuan perekonomiannya.

2) Macam-Macam Kebutuhan Menurut Sifat
a) Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan lahiriah atau dirasakan oleh badan manusia tersebut. Kebutuhan jasmani ini banyak contohnya, di antaranya makanan, pakaian, istirahat, obat-obatan, dan lain-lain.
b) Kebutuhan Rohani
Kebutuhan rohini adalah kebutuhan manusia yang berhubungan dengan kejiwaan manusia. Kebutuhan rohani terkait dengan tuntutan akan perasaan, keyakinan, dan etika. Kebutuhan rohani di antaranya ibadah, rekreasi, sosialisasi, pendidikan,hiburan, dan lain-lain.

3)  Macam-Macam Kebutuhan Menurut Waktu Penggunaannya
a) Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi ketika sangat dibutuhkan dan mendesak. Kebutuhan sekarang tidak bisa ditawar lagi untuk pemenuhannya dan tidak bisa ditunda. Contohnya seorang yang lapar harus makan, seorang yang sakit harus minum obat, dan seorang yang lelah harus segera istirahat.
b) Kebutuhan yang Akan Datang
Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda atau ditangguhkan. Kebutuhan ini tidak mendesak untuk dipenuhi. Contohnya seorang yang berinvestasi untuk masa yang akan datang, dan seorang yang menabung di bank untuk biaya pendidikannya kelak.

4) Macam-Macam Kebutuhan Menurut Subjeknya
a) Kebutuhan Individu
Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang berkaitan dengan perorangan atau diri masing-masing. Pemenuhan kebutuhan individu dilakukan dengan diri sendiri. Contohnya kendaraan, pakaian, makanan, dan lain-lain.
b) Kebutuhan Kelompok atau Kolektif
Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang dirasakan semua orang atau bersama-sama dan usaha pemenuhannya juga dilakukan bersama-sama. Contohnya berbagai fasilitas umum seperti sekolah, jalan, jembatan, sekolah, dan lain-lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »