Perbandingan Kehidupan Ekonomi Masyarakat Kota dengan Masyarakat Desa

March 29, 2018

1. Keterkaitan Dukungan Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi Masyarakat Kota dengan Masyarakat Desa
Dalam pemenuhan kebutuhan, masyarakat desa dengan kota saling melengkapi. Baik masyarakat desa ataupun masyarakat kota tidak dapat memenuuhi kebutuhan ekonominya sendiri. Masyarakat kota membutuhkan pemenuhan kebutuhan dalam bidang pangan atau bahan mentah dari masyarakat desa, misalnya kebutuhan akan padi. Sebaliknya, masyarakat desa yang membutuhkan bantuan masyarakat kota pada bidang hasil industri, misalnya kebutuhan akan teknologi, produk kesehatan, dan lain-lain. 


2. Alat Pemenuhan Kebutuhan Tersedia Secara Lengkap, Baik di Kota Maupun Desa
Karena saling membutuhkan, masyarakat kota maupun desa tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri-sendiri. Karena tidak adanya lahan pertanian di kota, maka kebutuhan masyarakat kota pada bidang pertanian dipenuhi dari desa. Begitu juga di desa yang tidak adaareal industri maka pada bidang industri, desa memenuhinya dari pabrik-pabrik di kota.

3. Bila tidak tersedia alat pemenuhan kebutuhan secara lengkap, bagaimana cara kota dan desa memenuhi kebutuhannya?
Jika masing-masing masyarakat baik desa maupun kota alat pemenuhan kebutuhannya tidak lengkap, cara pmenuhannya dengan saling bekerjasama. Masyarakat kota mengirim hasil produksi di kota, begitu juga sebaliknya, masyarakat desa mengirim hasil pertanian dari desa. Keduanya hanya memerlukan fasilitas transportasi dan komunikasi yang lancar .  Jika adanya fasilitas transportasi dan komunikasi antara kota dengan desa, maka alat pemenuhan kebutuhan masyarakat kota dan desa tersedia secara lengkap.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »