Jenis-Jenis Barang atau Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

March 29, 2018


     Ada banyak alat pemenuhan kebutuhan manusia. Alat tersebut seperti barang dan jasa, alat yang berwujud dan tidak berwujud, untuk memeroleh alat pemenuh kebutuhan ada yang memerlukan biaya maupun tidak, dan lain-lain. Untuk mengingat berbagai jenis alat pemenuh kebutuhan maka alat pemenuh kebutuhan dapat diklasifikasikan sebagai berikut.


a) Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Kelangkaannya atau Cara Memperolehnya
Alat pemuas kebutuhan berdasarkan kelangkaannya atau cara memerolehnya dibedakan menjadi barang ekonomis dan barang bebas.

1. Barang Ekonomis
Barang ekonomis adalah barang yang untuk memerolehnya menggunakan pengorbanan karena keberadaannya yang terbatas. Contoh barang ekonomis antara lain baju, kendaraan, dan lain-lain.

2. Barang Bebas
Barang bebas adalah barang yang untuk memilikinya tidak memerlukan pengorbanan. Contohnya sinar matahari dan udara.

 b) Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Hubungannya dengan Barang Lain
jenis barang menurut hubungannya dengan barang lain dibedakan menjadi barang subtitusi dan barang komplementer.

1. Barang Substitusi
Barang subtitusi adalah barang yang dapat saling menggantikan atau menukar dengan barang lain yang memiliki fungsi atau kegunaan yang sama. Contoh nasi yang dapat diganti dengan jagung, gula merah yang dapat diganti dengan gula putih.

2. Barang Komplementer
Barang komplementer adalah barang yang dalam penggunaannya saling melengkapi. Contoh barang ini antara lain: komputer tanpa listrik tidak akan menyala, ban tanpa angin membuat roda tidak dapat bergerak.

c) Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Tujuan Penggunaannya
Berdasran tujuan penggunaannya, barang dibedakan menjadi barang produksi dan barang konsumsi.

1. Barang Produksi (Barang Modal)
Barang produksi atau barang modal adalah barang yang memerlukan proses dalam penggunaanya, barang ini tidak dapat langsung digunakan.Contoh barang modal antara lain: mesin, lahan, dan bangunan.

2. Barang Konsumsi
Barang konsumsi adalah barang yang dapat digunakan secara langsung karena telah melalui proses produksi. Barang konsumsi dapat disebut juga barang siap pakai atau barang jadi. Contohnya alat tulis dan berbagai jenis makanan.

d) Alat Pemenuhan Kebutuhan menurut Proses Pembuatannya.
Menurut proses pembuatannya, alat pemuas kebutuhan (barang) dibedakan menjadi barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.

1. Barang Mentah
Barang mentah adalah barang yang harus melalui proses produksi sebelum digunakan. Contoh barang mentah antara lain : besi belum bisa digunakan jika belum dibentuk menjadi peralatan dapur, gandum belum bisa digunakan jika belum dibuat roti.

2. Barang Setengah Jadi
Barang setengah jadi adalah barang yang belum bisa digunakan karena masih dalam proses produksi. yaitu barang atau alat pemuas kebutuhan yang masih dalam proses produksi. Contoh barang ini antara lain : batu bata belum bisa digunakan karena belum digunakan untuk membangun rumah.

3. Barang Jadi
Barang jadi adalah barang atau alat pemuas kebutuhan yang sudah dapat digunakan atau dikonsumsi karena telah melalui proses produksi. Contoh barang ini antara lain : nasi, roti, alat elektronik, peralatan dapur, dan lain-lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »