Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia

March 29, 2018

Antar manusia memenuhi perbedaan ragam kebutuhan dan jumlahnya. Ada faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan tersebut. Faktor-faktor tersebut antara lain:

a) Jenis Kelamin dan Usia
Jenis kelamin memngaruhi perbedaan jenis dan jumlah kebutuhan. Perbedaan jenis kelamin dan usia juga dapat ditemukan atau dilihat dari variasi dan jenis kebutuhan.


b) Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan atau kesadaran menambah pengetahuan memengaruhi jenis kebutuhannya. Semakin tinggi pendidikan seseorang maka kebutuhan yang diperlukan semakin kompleks. Contoh: kebutuhan siswa SD lebih sederhana ketimbang siswa SMP yang lebih kompleks.

c) Lingkungan Tempat Tinggal
Pada faktor lingkungan tempat tinggal terkait dengan kondisi alam atau geografis sebagai tempat tinggal. Orang hidup di desa beda kebutuhannya dengan orang yang tinggal di kota, dan orang yang tinggal di pesisir pantai beda kebutuhannya dengan orang yang tinggal di pegunungan.

d) Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memengaruhi penemuan atau hasil produksi yang baru. Hal tersebut memberikan pengaruh kepada seseorang untuk memiliki produk yang dihasilkan.

e) Tingkat Pendapatan
Pendapatan seseorang berpengaruh terdahapintensitas kebutuhan. Semakin besar pendapatan seseorang maka akan semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi karena banyaknya sarana untuk pemenuhan kebutuhan itu sendiri, begitu juga sebaliknya.

f) Status Sosial
Di masyarakat, semakin tinggi kedudukan seseorang biasanya kebutuhannya semakin beragam dan semakin bertambah kebutuhannya.

g) Perbedaan Selera
Slera yang berbeda maka akan memengaruhi kebutuhan barang dan jasa yang berbeda pula. Selera seseorang akan memengaruhi orang tersebut akan pemenuhan kebutuhannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »